Sabtu, 07 Januari 2012

Wisata Solok Selatan

1. Rumah PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia)

Rumah PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia)Terletak di Nagari Bidar Alam Kecamatan Sangir Jujuan. dikenal juga dengan Rumah jama.Rumah PDRI merupakan saksi perjuangan perlawanan Bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kedaulatan negara Republik Indonesia dari cengkeraman Penjajahan Belanda. Rumah PDRI ini digunakan sebagai Pos Keamanan pada waktu Pemerintahan Darurat Republik Indonesia yang pernah menjadi tempat berlangsungnya sidang-sidang Kabinet PDRI pada tahun 1949, selama + 3 bulan pada masa itu yakni dari bulan Januari sampai dengan bulan April 1949. Rumah PDRI Terletak di Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan, + 27 km dari Ibukota Kabupaten (Padang Aro) dan + 190 km dari Ibukota Propinsi (Padang). Dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 (dua) atau kendaraan roda 4 (empat ) Rumah PDRI merupakan tempat wisata sejarah perjuangan bangsa indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.

2. Air terjun Timbulun koto Birah

Air terjun Timbulun koto Birah Terletak di Jorong Koto Birah Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu. Sekitar + 2.5 km dari jalan Raya Pekan Selasa Muara Labuh, dan + 30 km dari Padang Aro. Air terjun Timbulun koto Birah mempunyai ketinggian sekitar 20 m ini terletak di Desa Koto Baru , Kecamatan Sungai Pagu kabupaten Solok Selatan. Air terjun Timbulun koto Birah ini terdiri dari 7 tingkat. Keindahan pemandangan yang di ciptakan oleh air terjun Timbulun koto Birah ini adalah curahan air yang terus menerus menimbulkan gemuruh dan semburuh embun yang membuat sejuk lokasi sekitar. Apalagi ditunjang dengan kondisinya yang masih alami dan belum adanya pengrusakan dari masyarakat,serta Air terjun Timbulun koto Birah masih perlu juga adanya pengembangan dari pemerintah setempat.

3. Danau SigombakSigombak merupakan nama objek wisata danau yang terletak di desa Jambu Kecamatan Tebo Ulu, 30 KM dari kota Muaratebo kabupaten Tebo, atau sekitar 250 KM dari Kota Jambi, Indonesia. Letak Danau Sigombak juga hanya berkisar sekitar 4o KM dari Kota Bungo dan Sekitar 80 KM dari Kabupaten Darmasraya, Provinsi Sumatera Barat atau sekitar 300 KM dari Kota Padang. Danau Sigombak juga hanya berjarak sekitar 100 KM dari perbatasan Tebo-Riau.

Danau Sigombak memiliki potensi sebagai objek wisata alam di Kabupaten Tebo dan Provinsi Jambi. Karena Sigombak memiliki luas mencapai 45 hektar dengan sebuah pulau seluas 15 Hektar yang terletak ditengah danau. Secara Geografis, Sigombak memiliki keunikan lain karena bisa dinikmati dari atas bukit dan dari bagian bawah danau. Disekeliling danau, masih dilingkupi suasana alam yang natural. seperti pohon beringin dan pohon lainnya.
 
Danau Sigombak juga mengandung cerita legenda masa lampau. Konon danau Sigombak merupakan tempat mandi raja-raja zaman dahulu. Danau Sigombak juga dikaitkan dengan beberapa cerita masa lalu yang sampai saat sekarang belum terkuak. Didaerah lain sekitar danau, juga banyak ditemukan candi-candi peninggalan sejarah serta makam-makam kuno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar